Thursday, June 25, 2009

Memahami Kalimat Basmalah

Bissmillahi rrahmaani rrahim. Kalimat basmalah adalah kalimat yang dianjurkan kepada kita untuk selalu mengucapkannya ketika akan memulai pekerjaan atau perbuatan baik.
Kalimat basmalah ini termasuk kalimat universal yang menggambarkan betapa Allah adalah tuhan yang selalu memberikan kasih sayangnya yang tidak berhingga kepada seluruh mahlukNya.

Ada dua sifat yang Allah perkenalkan melalui bacaan basmalah, yakni Ar Rahman dan Ar Rahim. Kedua kalimat ini menurut Qurish Shihab dalam tafsir Al Misbah, vol 1, berasal dari akar kata yang sama, yaitu Rahim. Kedua kata itu sendiri memiliki makna yang hampir sama, yaitu sifat Allah yang penuh kasih sayang kepada segala mahlukNya. Hanya saja bedanya, jika Ar Rahman menunjuk pada kasih sayang yang telah dicurahkan kepada mahluknya, sedangkan Ar Rahim lebih menunjukan sifat kasih sayang yang melekat pada DzatNya. Dengan kata lain, Allah memiliki sifat Ar Rahim, yang kemudian diberikan kepada mahlukNya lewat sifat Ar Rahman.

Dengan menyebut dua sifat tersebut, Allah sepertinya ingin menegaskan pada kita semua bahwa Dia Dzat yang benar-benar menyayangi dan mengasihi mahlukNya. Bukan hanya bersifat kasih sayang, tapi juga memberikan kasih sayang itu pada mahlukNya tanpa batas.

Betapa banyak kasih sayang Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua, meski kita tidak memintanya, yang jika kita uraikan, mungkin ribuan lembar buku tak cukup untuk menulis satu persatu kasih sayang Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua. Sebagai contoh, penulis ingin menggambarkan salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT, yakni soal kesehatan kita.

Pernakah anda berfikir soal denyut jantung di dalam dada kita? Siapakah yang mengatur denyut itu, padahal kita tidak pernah memintanya. Semua sudah diatur Allah mengikuti kondisi tubuh kita. Anda bisa merasakan betapa Allah SWT telah menjaga denyut jantung kita sedemikian rupa sehingga kesehatan kita tetap terjaga. Semua berjalan sangat sempurna dalam tubuh kita. Bayangkan betapa canggihnya Allah SWT mengendalikan semua organ dalam tubuh kita secara harmonis. Kebutuhan zat-zat dalam otot disuplai oleh jenatung lewat darah, namun oksigennya dikendalikan berdasarkan gerak paru-paru, dalam waktu bersamaan, kelenjar keringat diaktifkan untuk menurunkan suhu badan kita saat beraktifitas. Sungguh jika kita bayangkan, semua sistem berjalan tanpa ada satu cacat pun.

Satu contoh saja yang kita ungkapkan, namun penulis yakin, kita sudah bisa merasakan betapa Allah SWT maha Rahman dan Maha Rahim. Dia adalah Dzat yang maha pemberi lewat sifatNya yang Maha Pemurah dan Maha Menyayangi.

Untuk membangun perasaan kita bahwa Allah adalah Rahman dan Rahim, memang kita harus memberikan contoh sebanyak-banyaknya dalam realitas kehidupan. Penulis yakin, kita semua sudah memiliki pengalaman masing-,masing yang mengesankan terkait dengan memahami sifat Allah yang Rahman dan Rahim. Mungkin itu berkaitan dengan rejeki, perkerjaan, kesehatan, keluarga, dll. Gunakanlah pengalaman tersebut untuk membangun 'rasa' Rahman dan Rahim Allah dalam benak kita, terutama saat mengucapkan kalimat basmalah diawal sholat. Insya Allah kita bakal merasakan kehadiranNya dalam sholat yang khusuk.

No comments:

Berita Batam