Friday, April 22, 2011

Singapura Berhasil Luncurkan Satelit Buatan Sendiri

Singapura, batamtoday - Sejumlah media Singapura memberitakan keberhasilan negaranya membangun dan meluncurkan satelit sendiri. Keberhasilan ini mengantarkan negara Pulau itu menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berhasil membuat satelit sendiri.

Menurut harian Lianhezaobao, dikutip batamtoday, Sabtu 23 April 2011, satelit ukuran mini itu dirancang oleh Universitas Teknologi Nanyang bekerja sama dengan Institut Ilmu dan Teknologi Pertahanan Singapura. Satelit berbobot 10,5 kg itu akan beredar selama 3 tahun di orbit sekitar 800 km di atas bumi, tugas utamanya adalah mengambil gambar lingkungan geografi dan maritim bumi serta memantau erosi tanah dan perubahan lingkungan.


Satelit yang diberi nama X-Sat tersebut diluncurkan, Rabu 20 April lalu, dari Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV-C16) di Satish Davan India. Kini satelit hasil kerja keras para ilmuwan Nanyang selama 9 tahun itu sedang menuju orbit  yang ditentukan. Diperkirakan waktu perjalanan hingga 7 hari.

"Dalam 7 (tujuh) hari kedepan, satelit sudah sampai pada orbit yang ditentukan," tulis Lianhezaobao.

Keberhasilan ini, membuat Singapura menjadi negara satu-satunya di Asia Tenggara yang berhasil membangun satelitnya sendiri. (Nurfahmi Magid)

No comments:

Berita Batam